Wednesday 9 October 2013

PROGRAM SIARAN RADIO SWASTA DI YOGYAKARTA

Selengkapnya di http://www.maseteguh.com/2015/11/memasang-kode-unit-iklan-adsense.html#ixzz4MoUVmb9a
                   RADIO SWASTA DI YOGYAKARTA

PENDAHULUAN
Radio siaran adalah salah satu dari alat komunikasi. Radio adalah salah satu dari alat komunikasi. Di radio ini muncul proses komunikasi antara penyampai pesan atau komunikator  dengan yang penerima pesan atau komunikan melalui media, dalam hal ini adalah radio. Ada dua hal yang sangat penting dalam radio yaitu pesawat radio, alat untuk mendengarkan semua suara dari siaran radio. Dan yang lain adalah stasiun radio, tempat dimana semua program acara acara dibuat dan dproduksi kemudian disiarkan. 
 Radio secara umum dapat diartikan perangkat elektronika yang ditinjau dari dua sudut pandang, yaitu : sebagai perangkat keras dan sebagai perangkat lunak. Sebagai perangkat kerasnya adalah suatu perangkat elektronik yang menyebabkan orang dapat mendengarkan suatu siaran atau acara dari suatu pemancar, sedangkan radio dipandang dari perangkat lunak adalah diartikan sebagai penghantar informasi dari suatu sumber kepada pendengar (Wahyudi, 1996: 4). Radio merupakan salah satu bentuk komunikasi massa, yang banyak memberi segala sesuatu yang dibutuhkan oleh khalayak. Sesuai fungsinya radio sangat membantu masyarakat yang memerlukan informasi dan hiburan. Sesuai fungsinya sebagai media massa radio dapt diartikan, alat komunikasi massa yang bersifat massa.  
Radio merupakan salah satu sarana hiburan bahkan sarana pendidikan yang sangat penting bagi khalayak disamping televisi. Namun belakangan ini program -program di radio dirasa sangat jarang keberadaannya. Hal ini dikarenakan kurangnya minat anak terhadap program acara di radio. Penyebabnya tak lain karena format dan program- pogramradio hanya bersifat auditif sehingga pengemasannya dirasa kurang menarik dan kurang diminati khalayak.
Namun demikian tak jarang pula stasiun-stasiun radio yang masih diminati oleh karena  program- program yang di sukai masyarakat,acara khusus untuk anak diantara programprogram unggulan mereka yang umumnya  berisi hiburan, seperti lagu-lagu anak, belajar lewat radio, musik populer, kirim-kirim salam, cerita tentang kehidupan anak-anak.

FORMAT STASIUN DAN PROGRAM SIARAN

Radio merupakan media komunikasi massa dengan kemampuan menjangkau khalayak luas dalam waktu yang bersamaan. Dengnan kemampuannya itu, radio tentu saja memiliki potensi yang besar dalam menyampaikan dan menyebarluaskan informasi. Yang menjadi pertanyaan kini adalah bagaimana memanfaatkan semaksimal mungkin kemampuan yang dimiliki radio agar setiap program acara yang disajikan memberikan manfaat.  Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan radio adalah berkaitan dengan program acara yang disiarkan. Pendengar begitu mempunyai keleluasaan dalam menentukan acara-acra yang menurutnya dapat memberikan kesenangan dan kebutuhannya. Akibatnya, acara yang tidak menarik akan ditinggal pendengar. Lebih jauh lagi, acara yang tidak menarik ini akan dijauhi pengiklan. Sebab acara seperti itu tidak mengundang perhatian dari “orang-orang iklan”. Sebaliknya, program acara yang menarik akan mendongkrak nilai jual dan menempatkan posisi  stasiun yang bersangkutan pada tempat yang terhormat. Rangkaian acara yang menarik akan diformulasiakan ke dalam program yang meliputi waktu pagi, siang, sore, malam dan dini hari. Program tersebut merupakan suatu rangkaian yang dikemas dalam satu format. Setiap stasiun pada dasarnya harus mempunyai  format tang jelas. Format stasiun dapat menjadi ciri khas dari radio yang bersangkutan. Format radio menjadi penting bagi suatu pemancar radio karena akan berkaitan dengan segmentasi khalayak.

1. Acara musik/hiburan
Program musik atau hiburan yang ada diradio merupakan jenis acara yang paling banyak diminati khalayak masyarakat. Radio adalah media hiburan dan musik adalah menu utamanya. Beragam program dengan materi dasar musik berkembang sesuai dengan karakteristik pendengar dan kebutuhan yang menjadi target sasarannya. Pemutaran musik yang mencakup lagu dan instrumen menjadi pemandu utama dan kadangkala sebagai selingan suguhan materi siaran untuk pendengar. Misalkan Kalipakis Ambarbinangun Jogjakarta, berdiri sebuah radio komunitas yang  menamakan dirinya “Suara Malioboro” yang berorientasi seputar anak-anak jalanan. Awal berdirinya stasiun radio ini adalah pada tahun 2000 dan mengalami pindah lokasi hingga tiga kali dikarenakan beberapa faktor, yakni pada tahun 2000 bertempat di Nitiprayan, kemudian tahun 2002 pindah ke Nitipuran dan pada tahun 2005 pindah ke Kalipakis hingga sekarang.  Radio ini dapat memberikan saluran aspirasi, ekspresi, dan interaksi di kalangan anak-anak jalanan, maupun anak kampung dalam menuju reintegrasi.Selain itu radio ini juga sebagai media hiburan bagi khalayak dengan pogram siaran music,masalkan dangdut di sore hari,lagu-lagu nostalgia di malam hari.

2. Acara news/informasi
Program news merupakan salah satu acara yang berfungsi sebagai alat untuk memberi berbagai macam informasi kepada khalayak. Berita adalah laporan faktual mengenai suatu hal atau peristiwa. Sebagai laporan yang faktual, ia harus dipaparkan sebagaiman adanya, tanpa maksud tertentu, tanpa tujuan untuk keuntungan sang wartawan atau orang tertentu. Berita yang obyektif adalah berita yang tidak memihak, tidak cacat, dan tidak diwarnai. Berita saat ini menjadi dominan dalam sebuah acara radio seiring dengan iklim ekonomi dan politik yang semakin terbuka, yang tentu saja mengakibatkan kesadaran kritis di kalangan pendengar. Radio dituntut untuk melayani kebutuhan yang lebih dari sekedar media hiburan. Berita diradio biasanya disiarkan pada jam-jam istirahat siang atau pada saat jeda acara. Setiap format stasiun memiliki jenis berita tersendiri yang layak siar.Misalkan Retjo Buntung (FM) yang tidak sekedar menyediakan music-musik bagi khalayak tetai juga memberikan informasi dan berita-berita actual seputar Yogyakarta kepada masyarakat.

3. Acara talkshow
Acara talkshow yang hadir di radio semakin menjamur sebagi bentuk keingintahuan pendengar terhadap realitas yang terjadi. Kecuali memutar musik, radio juga kerap menuajikan acra tuturan interaktif dengan melibatkan pendenganr. Tujuannya terutama untuk menghibur juga memberikan edukasi. Selain itu format seperti ini mampu menghadirkan suasana meriah di hati pendengar. Talk Show dewasa ini merupakan program primadona, bisa disiarkan secara langsung/interaktif dan atraktif. Ditambah lagi dengan sifatnya yang menghibur (entertainment) karena salah satu “keharusan” sifat berita radio, yang sampai saat ini masih mengundang kontroversi. Entertainment sebenarnya bukan sekedar berarti menghibur, melainkan dinamis dan hidup. Oleh karena itu, peran pemandu /moderator sangat menentukan sukses-tidaknya acara ini. Pilihlah pemandu yang tidak emosional, fair, dan rapi dalam menjelaskan fakta atau opini kepada pendengar.
Perbedaan paling penting antara talk show dan wawancara berita adalah talk show bersifat dinamis, tidak terpaku pada aktualitas topic perbincangan, dan jam tayangnya fleksibel.
Talk Show dapat dimasukkan ke dalam kategori program special atau program  wawancara sebagai acara. Bahkan ada yang menyebut setiap siaran kata adalah talk show, karena mengacu pada arti katanya sendiri yaitu talk  (obrolan) dan show (gelaran).
Contoh : kuis interaktif yang disiarka unisi fm,,.



KESIMPULAN
Radio selama ini dikenal sebagai media yang relatif murah, sederhana dan praktis namun mampu menyampaikan informasi-informasi yang mendidik dan menghibur secara intim, imajinatif, langsung dan cepat. Pengelolaan radio selama ini juga dikenal mampu menghidupkan iklim demokratis dan mampu memberi kejutan yang menyenangkan dengan program-program yang memikat khalayak.
Menurut saya program-program siaran radio swasta di daerah Yogyakarta sudah sesuai format sasiun yakni “news,talk show,dan music..Mislkan radio swasta stasiun radio Retjo  Buntung 99.4 FM,  di Kalipakis Ambarbinangun Jogjakarta, berdiri sebuah radio komunitas yang  menamakan dirinya “Suara Malioboro” yang berorientasi seputar anak-anak jalanan.

0 komentar:

Post a Comment